Ruang Lingkup Bisnis
Ruang Lingkup Bisnis
1.
Pengertian Bisnis
Bisnis adalah semua altivitas yang
melibatkan penyediaan barang dan jasa yang di parlukan dan diinginkan oleh
orang lain. Dalam sistem bisnis pemilik bisnis akan menentukan dan menyediakan
keinginan dan kebutuhan dari orang lain (konsumen) agar konsumen memperoleh
kepuasan dengan barang dan jasa yang di sediakan.
Di dalam bisnis perlu adanya manajemen
agar bisnis itu mendatangkan laba. Karna adanya laba maka kelangsungan usaha perusahaan bisa menjadi tumbuh dan
berkembang.
2.
Tujuan Kebijakan Bisnis
Pada dasarnya tujuan bisnis di
tunjukan kepada pencapaian distribusi sumber daya bisnis dan pendapatan yang
efisien, wajar dan efektif. Maksud dari efisien adalah memperoleh hasil dengan pengorbanan serendah
mungkin atau tertentu agar memperoleh hasil yang maksimal. Efektif adalah suatu
tindakan yang tepat sedangkan wajar suatu hasil dengan pengorbanan tertentu
dengan hasil dan pencapaian yang dapat di terima meskipun tidak maksimal. Menghasilkan
barang dan jasa (produk) secara efisien agar dapat memenuhi keinginan konsumen.
Sedangkan kebijakan bisnis adalah
kebijakan kebijakan yang bersifat strategis yang membawa dampak secara
menyeluruh bagi aktivitas organisasi. Contoh contoh kebijakan:
·
Melindungi usaha
kecil dan menengah
·
Melindungi
lingkungan hidup sekitarnya
·
Melindungi
konsumen
·
Pendapatan
Pemerintah
3.
Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang
di terapkan secara nasional untuk mengalokasikan sumberdaya di antara warganya.
Di dunia terdapat beberapa sistem perekonomian yaitu: sistem ekonomi terancana
(plannedeconomy), ekonomi pasar (market economy), dan sosialisasi komunis
ekonomi.
Sistem
perekonomian pasar adalah sistem yang bergantung pada kapitalisme dan
liberalisme yang dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang
yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu).
4.
Kesempatan bisnis dan usaha
·
Penuhi Kebutuhan Konsumen
·
Jual keunikan
·
Jual keterampilan
·
Jual barang second
·
Jadi agen
·
Menduplikasi usaha lain
·
Buka kantor
·
Dan lain lain
5.
Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi
Aktivitas ekonomi memerlukan 3 unsur:
a. Keinginan manusia
Keinginan manusia digolongkan menjadi
2 yaitu: keinginan pokok dan keinginan tambahan. Keragaman keinginan ditentukan
oleh berbagai faktor seperti budaya, tempat, status seseorang, selera,
pendidikan, adat istiadat dan lain-lain. Secara umum keinginan manusia
mempunyai 2 ciri: beranekaragam dan tanpa batas.
b. Faktor-faktor produksi
Faktor produksi diartikan sebagai
sumber yang mampu menghasilkan barang dan jasa untuk memuaskan keinginan.
Faktor produksi dibedakan menjadi:
·
Tanah dan sumber daya alam
·
Tenaga kerja
·
Modal
·
Kewiraswastaan
c. Cara berproduksi
cara membuat suatu barang dengan persoalan
masalah ekonomi modern seperti: barang apa yang akan diproduksi, untuk siapa
barang itu diproduksi dan bagaimana cara memproduksi.
6. Hakikat bisnis
Hakikat bisnis adalah kebutuhan
manusia yang berupa barang dan jasa yang barus terpenuhi kebutuhannya dengan
alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang
saling menguntungkan antar kedua belah
pihak. Seorang pebisnis akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan
kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas
dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah pebisnis akan mendapatkan
keuntungan dan pengembangan usahanya. Pengusaha seharusnya memikirkan
tersediannya sumber daya dan sumber dana beserta cara cara yang sebaik baiknya
guna melayani kebutuhan pasar dengan memproduksikan barang dan jasa yang
dihasilkan untuk masyarakat. Dan perusahaan harus membuat manajemen terhadap
faktor produksi
7. Fungsi belajar bisnis
Manusia tidak mungkin dapat
menghindari dari diri bisnis. Oleh karena itu, manusia harus mengenal bisnis,
bagaimana sistem bisnis terbentuk dan harus mengetahui sistem bisnis bekerja. dengan mempelajari bisnis kita memperoleh
banyak manfaat antaranya adalah mampu mengambil kesempatan bisnis, mencari ide
yang lebih kreatif, meningkatkan kualitas bisnis, dan mengetahui cara
memperoleh keuntungan yang sesuai.
Referensi :
(bisnis
modern, Sentot Imam Wahjono)
(pengantar bisnis (niaga), STAIN MALANG)
http://zaicorp-zaicorp.blogspot.com/2011/11/pengantar-bisnis.html
Buku Pengantar Bisnis oleh
M. Fuad, dkk
http://dinilabibah66.blogspot.com/2012/11/hakikat-bisnis.html
http://wwwgamingexperience.blogspot.com/2010/10/manfaat-mempelajari-bisnis.html
pengantar bisnis, Drs Indriyo gitosudarmo, M. Com
Komentar
Posting Komentar