BAB 6
1. Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pengertian pasar adalah tempat bertemunya penjual
dan pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam
bidang pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya
dipasar melainkan dapat
terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan lain Lain.
Pengertian Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasadalam kaitannya dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan
kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya,
seorang manusia membutuhkan airdalam memenuhi
kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan
terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga
ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka
manusia ini memilih Aqua botolyang sesuai dengan
kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa. Proses
dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep
pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price),
pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang
bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini
sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan
pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama
pihak konsumen yang dituju.
2. Jenis-Jenis
Pasar
Dilihat dari segi fisik
pasar dapat digolonkan yaitu
1.
Pasar
nyata yaitu merupakan pasar yang pembeli dan penjualnya pada suatu tempat
tertentu.
2.
Pasar
abstrak yaitu pasar yang tidak harus bertemu di suatu tenpat seperti pasar
nyata. Tetapi dapat bertemu ditempat yang sudah di sepakati
Dilihat dari segi barang yang di jual belikan
1.
Pasar
barang konsumen yaitu barang yang dapat lang sung di gunakan memenuhi kebutuhan
manusia.
2.
Pasar
faktor produksi yaitu pasar yang memperjual belikan barang yang mempermudah
untuk kelancaran produksi. Contohnya: pasar tenaga kerja
Dilihat dari segi luas kegiatan distribusi
1.
Pasar
local yaitu pasar yang pemasaranya terbatas hanya di daerah tersebut,maka
penjual dan pembeli terbatas pada orang orang tersebut.contohnya pasar geplak
di daerah bantul.
2.
Pasar
nasional yaitu passer yang pemasarannya meliputi sluruh dearah dalam suatu
Negara.
3.
Pasar
internasional yaitu pasar yang jangkauanya melebihi satu negara
Dilihat dari segi waktu kejadian
1.
Pasar
harian yaitu pasar yang terjadi tiap hari
2.
Pasar
mingguan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih seminggu satu kali
3.
Pasar
bulanan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih sebulan satu kali
4.
Pasar
tahunan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih setahun sekali
3. Konsep-konsep
pemasaran
Konsep-konsep inti
pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai
dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar.
Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan
adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan
adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan
akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk
membelinya
4.
Manajemen Pemasaran
Manajemen
Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan
perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Prosespemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum
barang-barang diproduksi,
dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan
pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan
terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan
(Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara definisi , Manajemen Pemasaran adalah
penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan , dan pengawasan program-program yang
bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk
mencapai tujuan perusahaan(Kotler, 1980).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran"
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran"
5. Pembauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam
pemasaran yang terdiri dari 4P yakni:
1.
Product (produk)
2.
Price (harga)
3.
Place (tempat, termasuk juga distribusi)
4.
Promotion (promosi)
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan,
teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal
juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical
Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan
teori P baru yaitu Purple Cow.
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni
daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada
ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada
ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap
pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau
diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di
atas berlaku juga untukpemasaran internet, meskipun di internet
pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit
diimplementasikan diluar dunia internet.
6. Tujuan Sistem Pemasaran
1.
Memaksimalkan
konsumsi
2.
Memaksimalkan
kepuasan konsumen
3.
memaksimalkan
kualitas hidup
7. Pendekatan
dalam Mempelajari Pemasaran
Pemasaran tujuan system pemasaran,
memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan,
dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur
pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Seba Fungsi Dari apa saja
kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan,
penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading,
pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Dilihat dari lembaga atau
organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara
dagang dsb Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri) Studi
tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau
konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat manajer
serta keputusan yang diambil
Pemasaran pendekatan dalam mempelajari
pemasaran, pendekatan Serba Sistem Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam
sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan
lembaga
Referensi:
Sumber:htt://id.pikiwedia.org/wiki/pemasaran
Sumber:subroto,DJ
dan Wahyuni Daru.2008.pengetahuan social ekonomi. Edisi 1. Jakarta:bumi aksara
SUMBER:htt/id.wikipediaorg/wiki/pemasasran
Komentar
Posting Komentar