Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana rumah tangga memenuhi kebutuhan. Di mana kebutuhan tersebut jumlahnya tidak terbatas dan dihadapkan dengan sumber daya yang terbatas. Dengan ilmu ekonomi maka dapat dipelajari mengenai efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya tersebut agar kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi. Dalam ekonomi hal tersebut akan dijelaskan menggunakan skala prioritas dan perhitungan opportunity cost ( biaya peluang ), sehingga dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan tertentu atau dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya dapat memperoleh keuntungan tertentu (prinsip ekonomi). Kesimpulannya pentingnya ilmu ekonomi dalam kehidupan kita sehari-hari adalah agar kita dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari walaupun jumlah sumber daya yang ada terbatas.

Contoh Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan sehari hari

Prinsip Ekonomi dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya pemanfaatan waktu yang tepat, hidup hemat, cara kerja yang efektif dan membuat skala prioritas kebutuhan atau kegiatan. Hal tersebut termasuk ciri ciri dari orang orang yang melaksanakan prinsip ekonomi.

A. Pemanfaatan Waktu yang Tepat

Pemanfaatan waktu yang tepat maksudnya menggunakan waktu yang ada sebaik mungkin atau tidak menyia-nyiakan waktu yang ada. Misalnya kapan waktu belajar disekolah, kapan waktu belajar dirumah, kapan waktu bermain, kapan waktunya beribadah, kapan waktu membantu orang tua, kapan waktu untuk istirahat dan lain lain. Selama kita bisa memanfatkan waktu maka peluang untuk berhasil dalam belajar akan lebih besar.

B. Hidup Hemat

Penerapan prinsip ekonomi dengan cara hidup hemat berarti menyesuaikan penggunaan barang dan jasa sesuai dengan kemampuan kebutuhan dan pendapatan. Misalnya uang saku untuk sekolah dari orang tua, kita gunakan sesuai kebutuhan seperti untuk biaya transportasi dan makan di waktu istirahat dan diusahakan ada sisa uang saku untuk ditabung.

C. Cara Kerja yang efektif

Cara kerja yang efektif sesuai prinsip ekonomi. Sebagai pelajar simpanlah buku, alat tulis, separu, pakaian, tas ditempat yang sudah disesiakan. Persiapkanlah buku pelajaran dan keperluan sekolah dan lainya sesuai jadwal pelajaran supaya saat kita dalam belajar akan berajalan dengan baik, tepat waktu dan sasaran. Cara kerja yang efektif berarti kita bekerja sesua sasaran atau tujuan untuk mendapatkan hasil yang baik.

D. Membuat Skala prioritas kebutuhan atau kegiatan

Skala prioritas adalah penyusunan kebutuhan atau kegiatan yang paling mendesak, penting dan sangat dibutuhakan. Misalnya kita membeli dulu kebutuhan pokok, setelah terpenuhi kebutuhan pokok baru kita membelu kebutuhan lainya.

referensi :
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20121031033302AAamvsE
http://www.gerbangilmu.com/2014/11/contoh-penerapan-prinsip-ekonomi-dalam.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paragaf Induktif, Deduktif dan Deduktif-Induktif

Ekonomi Makro